Media Pembelajaran Kimia

Assalamualaikum Wr.Wb.
“Media Pembelajaran Kimia SMA di bawah ini adalah produksi Pustekom Jakarta, Silakan klik judulnya untuk mempelajarinya. Admin tidak melakukan perubahan apapun dalam media ini, kecuali hanya mencopy link ke alamat aslinya di http://www.e-dukasi.net/. Penempelan media pembelajaran interaktif produksi pustekom di halaman Blog SMA Dwija Praja Pekalongan ini semata-mata bertujuan untuk mempermudah akses peserta didik melalui blog sekolah serta memperlancar guru dalam memberikan tugas, dan masih dalam proses perijinan ke Pustekom, untuk itu bila dikemudian hari tidak diijinkan, maka admin akan segera menghapusnya dari halaman Blog SMA Dwija Praja “
Bagi peserta didik yang ingin mengunduh media ini, sebaiknya daftar dulu melalui http://www.e-dukasi.net/
.
Wasalamualaikum Wr.Wb
.
admin

———————————————————————————————————————-

Struktur Atom
Teori atom bermula dari pemikiran filsuf yunani yakni Democritus dan kemudian dibuktikan oleh John Dalton berdasarkan hukum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap.
Gas Mulia
Gas mulia memiliki konfigurasi elektron yang sudah stabil. Oleh karena itu, gas mulia cenderung sulit bereaksi atau tidak reaktif. Hal ini didukung oleh kenyataan bahwa di alam, gas mulia selalu
Korosi
Dalam kehidupan sehari-hari, jika kita mengamati benda-benda logam yang ada i lingkungan kita, misalnya pagar halaman, pisau, paku, kawat, kerangka gedung bertingkat, kapal, dan berbagai jenis kendaraan, tampak adanya kecenderungan
Minyak Bumi
Minyak Bumi merupakan bahan bakar yang dihasilkan oleh alam dari fosil-fosil yang terpendam berjuta-juta tahun. Fosil adalah sisa tulang-belulang binatang atau sisa tumbuhan zaman purba yang telah membatu dan tertanam
Reaksi Redoks
Pada awalnya konsep reaksi reduksi oksidasi didasarkan pada penggabungan unsur / senyawa dengan oksigen untuk membentuk oksida, dan pelepasan oksigen dari senyawanya. Reaksi Reduksi : Pelepasan oksigen dari senyawanya. Reaksi
Sistem Periodik Unsur
Sistem periodik yang ada sekarang ini merupakan hasil dari perkembangan pengelompokkan unsur yang dilakukan oleh para ahli sebelumnya. Para ahli kimia dari Arab dan Persia awalnya mengelompokkan zat-zat berdasarkan sifat
Uji Kompetensi Kimia
Materi ini berisikan kumpulan soal-soal latihan mata pelajaran Kimia untuk SMA
Asam Basa dan PH Larutan
Menurut Svante Arrhenius, asam adalah zat yang dalam air melepaskan ion H+, sedangkan basa adalah senyawa yang dalam air dapat menghasilkan ion OH-.
Konfigurasi Elektron
Pada materi kali ini kita akan mempelajari konfigurasi elektron berdasarkan model atom mekanika kuantum.
Polimer
Polimer (makromolekul), banyak sekali dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya plastik, yang saat ini sudah menjadi primadona industri kimia,karena banyak sekali keunggulannya.
Kegagalan Aturan Oktet
Elektron-elektron dalam senyawa kovalen didistrubusikan sedemikian rupa sehingga setiap unsur (kecuali hidrogen) dikelilingi delapan elektron (oktet elektron). Ada beberapa situasi yang tidak memenuhi aturan oktet.
Hukum Gay Lussac dan Avogadro
Penemuan hukum perbandingan volume oleh Gay Lussac dan Avogadro dapat menentukan perbandingan massa antar atom dari unsur-unsur yang menyusun suatu senyawa.
Hukum Hess
Hukum Hess menyatakan bahwa “Kalor reaksi tidak tergantung pada jalannya reaksi (tahap reaksi) tetapi tergantung pada keadaan awal dan keadaan akhir”.
Kesetimbangan Kelarutan
Kesetimbangan kelarutan merupakan bagian yang terpenting dalam kajian kimia larutan, terutama untuk identifikasi kation dan anion dalam larutan.
Konfigurasi Elektron Berdasarkan Model Atom
Konfigurasi atau susunan elektron sederhana suatu atom dapat dituliskan berdasarkan teori model atom yang dikemukakan oleh Niels Bohr.
Laju Reaksi
Makin pekat konsentrasi zat pereaksi makin banyak kemungkinan tumbukan antar molekul zat yang menghasilkan reaksi.
Larutan Buffer
Larutan buffer adalah larutan yang PHnya tidak berubah terhadap penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran.
Penyetaraan Reaksi Redoks
Persamaan reaksi kimia selalu harus sesuai dengan hukum kekekalan massa. Maka jumlah atom sejenis di ruas kanan harus sama dengan jumlah atom sejenis di ruas kiri.
Pergeseran Kesetimbangan
Pada saat suatu reaksi bolak-balik mencapai kesetimbangan, kecepatan reaksi ke kiri sama dengan kecepatan reaksi ke kanan, sehingga terdapat suatu keadaan yang konstan.
Stoikiometri
Rumus Empiris suatu senyawa adalah rumus yang paling sederhana yang menyatakan perbandingan mol atom dari unsur penyusun senyawa tersebut.
Struktur Geometri Kompleks
Salah satu sifat unsur transisi adalah mempunyai kecenderungan untuk membentuk ion kompleks atau senyawa kompleks.
Elektrokimia
Elektrokimia adalah ilmu yang berkaitan dengan listrik dan reaksi kimia. Adapun reaksi yang terjadi adalah reaksi reduksi oksidasi yang digambarkan dalam sel elektrokimia.
Karbon dan Senyawanya
Senyawa-senyawa karbon sangat erat dengan kehidupan manusia. Tubuh kita dan makanan yang diperlukan kita sebagian besar tersusun atas senyawa-senyawa karbon.
Sifat Koligatif Larutan
Pada materi kali ini siswa diharapkan dapat membandingkan sifat koligatif larutan eletrolit dengan sifat koligatif larutan non elektrolit pada konsentrasi yang sama.
Hidrolisis Garam dalam Air
Garam adalah termasuk elektrolit kuat, maka jika garam dilarutkan di dalam air akan mengalami penguraian menjadi komponen-komponennya yaitu kation dan anionnya.
Halogen
Unsur golongan VIIA ini merupakan unsur nonlogam paling reaktif. Unsur-unsur ini tidak ditemukan di alam dalam keadaan bebas, melainkan dalam bentuk garamnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: