Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Struktur Kurikulum SMA Dwija Praja Kota Pekalongan meliputi Substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun yaitu mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII.

Struktur Kurikulum SMA Dwija Praja Kota Pekalongan disusun dengan mengacu kepada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta berpedoman pada panduan yang disusun  oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yaitu meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut :

1. Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia
2. Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
3. Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
4. Kelompok mata pelajaran Estetika
5. Kelompok mata pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Masing-masing kelompok mata pelajaran tersebut di implementasikan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan demikian cakupan dan masing-masing kelompok itu dapat diwujudkan melalui mata pelajaran yang relevan. Cakupan setiap kelompok mata pelajaran adalah sebagai berikut :

No Kelompok Mata Pelajaran Cakupan
1 Agama dan Akhlak Mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dan pendidikan agama
2 Kewarganegaraan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhaap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme
3 Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi adalah untuk memperoleh kempetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri
4 Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemapuan mengekpresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis
5 Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif disiplin kerja sama dan hidup sehatBudaya hidup sehat termasuk kesadaran sikap dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbatasan dan perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, NIV/AID, demam berdarah, muntaber dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

Penyusunan struktur kurikulum didasarkan atas standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran yang telah ditetapkan oleh BNSP. Sekolah atas persetujuan Komite Sekolah dan memperhatikan keterbatasan sarana belajar serta minat didik menetapkan pengelolaan kelas sebagai berikut :
SMA Dwija Praja Kota Pekalongan menetapkan sistem paket, artinya peserta didik mengikuti

  1. pembelajaran sesuai dengan yang telah diprogramkan dalam struktur kurikulum. Jumlah rombongan belajar berjumlah 4 (empat) kelas  pada masing-masing tingkatan kelas
  2. Kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik yang tediri dari satu rombel
  3. Kelas XI merupakan program penjurusan dimana untuk Tahun pelajaran 2011/2012 terdiri dari : 1 rombel Program Ilmu pengetahun Alam (IPA) dan satu rombel Program ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
  4. Kelas  XII merupakan program penjurusan yang terdiri atas Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 1 rombongan belajar dengan jumlah peserta didik 28 siswa.

1.   Mata Pelajaran

      Mata pelajaran beserta alokasi waktu disusun sesuai pedoman pada struktur kurikulum yang tercantum dalam Standar Isi.

a. Kurikulum Kelas X

  1. Kurikulum Kelas X terdiri atas 16 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
  2. Alokasi waktu satu jam  pembelajaran adalah 45 menit.
  3. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.

Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan  sebagaimana tertera pada tabel 2.

Struktur Kurikulum  Kelas X

Komponen

Alokasi Waktu

Semester 1

Semester 2

A.   Mata Pelajaran
  1. Pendidikan Agama

2

2

  1. Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

  1. Bahasa  Indonesia

4

4

  1. Bahasa Inggris

4

4

  1. Matematika

4

4

6. Fisika

2

2

7. Biologi

8. Kimia

2

2

2

2

9. Sejarah

10. Geografi

11. Ekonomi

12. Sosiologi

1

2

2

2

1

2

2

2

13. Seni Budaya

2

2

  1. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

  1. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  2. Keterampilan

2

2

2

2

B.   Muatan Lokal  (Bahasa Jawa)

2

2

C.   Pengembangan Diri

2*)

2*)

Jumlah

39

39

b.   Kurikulum Kelas XI dan XII Program IPA

  1. Kurikulum SMA Dwija Praja Kota Pekalongan untuk Kelas XI dan XII Program IPA terdiri atas 13 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
  2. Alokasi waktu satu jam  pembelajaran adalah 45 menit.
  3. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.
  4. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan  sebagaimana tertera pada tabel berikut:

Struktur Kurikulum  Kelas XI  program IPA

Komponen

Alokasi Waktu

Kelas XI

Kelas XII

Smt 1

Smt 2

Smt 1

Smt 2

A.   Mata Pelajaran

  1. Pendidikan Agama

2

2

  1. Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

  1. Bahasa Indonesia

4

4

  1. Bahasa Inggris

4

4

  1. Matematika

4

4

  1. Fisika

4

4

  1. Kimia

4

4

  1. Biologi

4

4

  1. Sejarah

1

1

  1. Seni Budaya

2

2

  1. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

  1. Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2

2

2

  1. Keterampilan/ Bahasa Asing

2

2

2

2

B.  Muatan Lokal

2

2

2

2

C.  Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

2*)

Jumlah

39

39

39

39

2*)  Ekuivalen 2 jam pembelajaran

 c.   Kurikulum Kelas XI dan XII Program IPS

  1. Kurikulum SMA Dwija Praja Kota Pekalongan untuk Kelas XI dan XII Program IPA terdiri atas 13 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
  2.  Alokasi waktu satu jam  pembelajaran adalah 45 menit.
  3. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.
  4. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan  sebagaimana tertera pada tabel 4 berikut ini :

Struktur Kurikulum  Kelas XI IPS

Komponen

Alokasi Waktu

Kelas XI

Kelas XII

Smt 1

Smt 2

Smt 1

Smt 2

A.  Mata Pelajaran

  1. Pendidikan Agama

2

2

2

2

  1. Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

2

  1. Bahasa Indonesia

4

4

4

4

  1. Bahasa Inggris

4

4

4

4

  1. Matematika

4

4

4

4

  1. Sejarah

3

3

3

3

  1. Geografi

3

3

3

3

  1. Ekonomi

4

4

4

4

  1. Sosiologi

3

3

3

3

  1. Seni Budaya

2

2

2

2

  1. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

2

  1. Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2

2

2

  1. Keterampilan/Bahasa Asing

2

2

2

2

B.  Muatan Lokal

2

2

2

2

C.  Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

2*)

Jumlah

39

   39

39

39

2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

__________________________
Sumber : Dokumen Kurikulum 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: