SMA Dwija Praja Pekalongan Juara 2 Lomba “Dolanan Anak” Tingkat Jawa Tengah

Jamuran….yo ge….ge tok,……jamur opo yo.. ge….ge….tok

Itulah sepenggal syair lagu dolanan anak tempo dulu yang sangat populer dan akan menjadikan bulu kuduk berdiri bagi orang-orang dulu apabila mendengar lagu tersebut saat ini. Lagu itu pulalah yang mengantarkan sekelompok Siswa SMA Dwija Praja berhasil meraih juara 2 Lomba dolanan anak Tingkat jawa tengah di Gombong, kebumen.

Dalam permainan tersebut, seorang anak berada di tengah dan dikelilingi teman-temannya. Kemudian anak di tengah menyebutkan sesuatu untuk ditirukan dalam perbuatan.

Jamur……Jamur ULO, kata pardi sekenanya,


Seperti saat disebutkan ”jamur ulo”, maka anak-anak yang mengelilingi harus membentuk formasi ular dan dikejar oleh anak di tengah penyebut kata tersebut. Apabila dalam pengejaran salah satu lepas dan tertangkap, maka harus mengantikan posisi di tengah serta menyebutkan kata lainnya.

Dengan masuknya dolanan jamuran sebagai juara tingkat Jawa Tengah, Pemerintah jawa tengah berharap permainan anak-anak tempo dulu itu bisa populer kembali dan tidak tergusur oleh teknologi.

Lomba ini digelar dalam rangka melestarikan budaya Jawa tengah yang semakin lama semakin nyaris tak terdengar. Siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikan. Lomba digelar 131 – 16 Mei 2009 di Kebumen.

Humas smadp

Kembali

__________________________________________________________________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: