Professor Yohanes Surya Motivasi Siswa kelas XII SMA Dwija Praja Pekalongan

Dalam rangka peningkatan sumber daya pendidik di kota Pekalongan, Pemerintah kota Pekalongan melalui Dinas Pendidikan mengadakan Pelatihan untuk guru-guru SD dan SMP bidang studi IPA dan Matematika. Adapun Pelaksanaan pelatihan untuk guru-guru SD ditempatkan di SMA Dwija Praja, jalan Sriwijaya No. 7 Pekalongan. Nara sumber yang diundang untuk mengisi pelatihan tersebut adalah Professor. Drs. Yohanes Surya, Ph.D.

Professor Yohanes Surya Ph. D adalah seorang fisikawan lulusan William and Mary College Amerika Serikat, Ia juga dikenal sebagai pembimbing TOFI (Tim Olimpiade Fisika Indonesia). Sungguh sebuah kesempatan yang baik tentu saja bagi guru-guru SD maupun SMP di kota Pekalongan karena dipertemukan dengan Pakar Fisika Indonesia yang sudah tidak asing lagi di telinga pelajar Indonesia.

Di sela-sela diskusi para peserta pelatihan, sepertinya tidak percaya ketika wakasek kurikulum Bp. Budi Raharjo meminta kepada beliau untuk memberikan motivasi kepada siswa kelas XII SMA Dwija Praja Pekalongan. Sungguh diluar dugaan, Beliau dengan senang hati menyanggupi untuk masuk ke ruang kelas. Karena kelas XII IPA ada dua kelas, akhirnya digabung menjadi satu ruang. Dengan didampingi kepala sekolah dan beberapa guru SMA Dwija Praja beliau memasuki ruang kelas.

Sungguh sebuah kebanggaan tersendiri bagi siswa SMA Dwija Praja karena sempat merasakan diajar oleh seorang profesor Fisika terkemuka di Indonesia, lebih-lebih hampir dua jam beliau mengajarkan tentang fisika tanpa rumus dan memperkenalkan fisika gassing hasil penelitian beliau yaitu fisika itu Gampang, Asyik, dan Menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa konsep yang diberikan oleh beliau kepada siswa SMA Dwija praja yang berlangsung secara interaktif.

Menurut Beliau, untuk membuat fisika itu gampang, asyik dan menyenangkan (Gasing) beberapa hal perlu diperhatikan :

  • Hindari matematika yang sulit, kalau perlu cari alternatif solusi yang menggunakan matematika lebih sederhana

Contoh: Sebuah benda diletakan pada jarak 30 dari sebuah lensa positif dengan fokus 10 cm. Jika tinggi benda 2 cm, hitung tinggi bayangan.


Jawab: Konsep fisika dalam penyelesaian soal ini adalah pembiasan cahaya. Gambar diatas diperoleh dengan menggunakan konsep pembiasan cahaya. Untuk mendapatkan tinggi bayangan kita tidak perlu menggunakan rumus baku 1/f = 1/s + 1/s’ tetapi cukup menggunakan geometri (karena ini adalah optika geometri ) yaitu melihat dua segitiga yang diarsir diatas. Dari gambar terlihat bahwa a:2 =10:20 atau a = 1 cm.

2. Manfaatkan pengertian konsep fisika yang benar dan lebih menekankan pada logika dibandingkan dengan menggunakan rumus-rumus turunan.

Contoh: Dua sepeda bergerak saling berhadapan masing-masing dengan laju 5 m/detik. Jarak kedua sepeda mula-mula 50 meter. Setelah berapa detik kedua sepeda akan saling berpapasan ?

3. Gunakan angka-angka yang mudah dan bulat seperti 1 , 2 , atau 10 ketika sedang mengajarkan konsep melalui berbagai contoh soal. Hindari angka-angka koma atau pecahan agar konsentrasi siswa tidak disimpangkan dari solusi fisika ke solusi matematika.

Contoh: dalam mempelajari konsep gravitasi, gunakan percepatan gravitasi 10 m/det2 bukan 9,8 m/det2. Setelah mereka faham konsepnya dan tahu cara menyelesaikan soal, baru kita gunakan angka yang sebenarnya.

Selama hampir dua jam, beliau tidak berhenti memberikan contoh-contoh aplikasi fisika khusunya fisika mekanika, seperti gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke atas, gerak peluru dan gerak melingkar.

Seluruh siswa dengan serius memperhatikan setiap kata, setiap langakah yang beliau sampaikan dan sesekali menjawab pertanyaan yang diberikan.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Bapak Prof. Dr.Yohanes Surya, Ph.D dan juga tim Surya Institut yang juga ikut mendampingi beliau mengajar di kelas.

Humas smadp

Kembali

__________________________________________________________________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: