Info Bantuan

Bantuan FOP Tahun 2011

Pada Tahun 2011 SMA Dwija Praja terima Bantuan Fasilitasi Operasional Pendidikan (FOP)  dari pemerintah kota Pekalongan. Bantuan yang diberikan khusus untuk  sekolah swasta ini selalu diberikan oleh pemerintah kota setiap tahun dengan tujuan terbantunya kelancaran operasional penyelenggaraan pendidikan SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA.SMALB, SMK swasta Kota Pekalongan.

Adapun besarnya bantuan untuk tingkat SMP sebesar Rp 2.000.000 (2 juta) per rombongan belajar (rombel), sedanngkan untuk tingkat SMA sebesar Rp 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu) tiap rombel.

Peruntukan dana FOP ini, berdasarkan petunjuk Teknis penggunaan dan laporan, antara lain dapat digunakan untuk :

  1. Pengadaan Alat tulis Kantor (ATK)
  2. Pengadaan bahan/alat praktek
  3. Pengadaan alat peraga pembelajaran
  4. Perbaikan/perawatan alat kantor/praktik pembelajaran

Dalam petunjuk teknis juga dijelaskan bahwa dana Fasilitasi operasional pendidikan ini tidak dibenarkan penggunaannya untuk :

  1. Gaji/Honor GTT/PTT
  2. Honor PNS/GT/PT
  3. Disimpan atau ditabung
  4. Rehab/Pembangunan ruang/gedung

Pertanggungjawaban penggunaan dana dilaksanakan dengan membuat Surat Pertanggungjawaban (SP) penggunaan dana bantuan Fasilitasi Operaisonal Pendidikan (FOP) dengan ketentuan :

1. SPJ dibuat sesuai engan peraturan-peraturan yang berlaku :

  • Peraturan pengelolaan dana-dana APBN/APBD
  • Peraturan perpajakan
  • Peraturan Pemerintah Kota Pekalongan tentang Standar Harga

2. SPJ Pengadaan barang dan Jasa :

  • Pembellian Rp 250.000 s.d 1.000.000, diberi materei Rp 3.000
  • Pembelian di atas Rp 1.000.000 dikenakan PPN = 10%, dan PPh.Ps.22 = 11,5 % (bagi toko/rekanan yang sudah mempunyai NPWP) dan 3% (bagi toko/rekanan yang belum mempunyai NPWP).

3. bukti setoran pajak (SSP) dn faktur pajak dilampirkan pada SPJ

Lebih lanjut dalam dalam petunjuk teknis ditekankan bahwa tidak boleh ada dobel anggaran untuk satu kegiatan yang sama yang telah dibiayai dari sumber dana bantuan UN.

by.admin

_______________________________________________________________

BKMM 2011 telah diterima

(BKMM) merupakan aplikasi terhadap keberpihakan pemerintah terhadap siswa miskin. Kebijakan tersebut pemerintah pada intinya bertujuan untuk meningkatkan demand siswa miskin terhadap layanan pendidikan. Dana BKMM ini merupakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dikelola oleh Kegiatan Perluasan dan Peningkatan Mutu SMA di Provinsi melalui dana dekonsantrasi.

Tujuan BKMM sendiri adalah :

  1. Mernbantu siswa miskin memenuhi kebutuhan biaya pendidikan selama duduk di bangku SMA.
  2. Mencegah siswa miskin dari kemungkinan putus sekolah akibat kesulitan biaya pendidi kan.
  3. Memberikan peluang dan kesempatan yang lebih besar kepada siswa miskin untuk terus bersekolah hingga menyelesaikan nendidikan.
  4. Membantu kelancaran program sekolah

Adapun syarat Siswa penerima BKMM adalah :

  1. Terancam putus sekolah karena kesulitan biaya pendidikan.
  2. Tidak dalam kondisi menerima beasiswa sejenis dari sumber manapun.
  3.  Diprioritaskan siswa miskin yang pernah rnenerima BKMM pada periode sebelumnya/lanjutan (sistem kohgrt) dengan tujuan ketuntasan memperoleh layanan pendidikan di SMA.

Besarnya BKMM adalah Rp 65.000 per siswa per bulan atau Rp 780.000 per siswa per tahun.

Pada tahun 2011 ini Jumlah siswa SMA Dwija praja Pekalongan yang menerima bantuan BKMM sebanyak 23 siswa.

by.admin

__________________________________________________________________

Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM) 2011 telah cair

Agar sekolah dapat melaksanakan proses pembelajaran yang baik dalam rangka penguasaan kompetensi sebagaimana yang tertuang dalam kurikulum, yang pada akhirnya akan menghasilkan lulusan yang berkualitas, maka Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran di SMA, direktorat pembinaan SMA memberikan Bantuan Operasinal Manajemen Mutu (BOMM) kepada Sekolah Menengah Atas.

Pada tahun 2011, SMA Dwija praja Pekalongan menerima bantuan BOMM Sebesar 7.400.000, dan telah diterima melalui rekening bank BPD pada awal Agustus 2011. Jumlah bantuan BOMM ini sesuai dengan alokasi yang diperhitungkan secara proporsional berdasarkan jumlah siswa.

Tujuan program Bantuan operasional Manajemen Mutu sendiri adalah :

  1. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran melalui penyediaan bahan praktik dan bahan ajar/modul/alat bantu pembelajaran;
  2. Mendukung upaya peningkatan proses pembelajaran
  3.  Pengelolaan administrasi hasil penilaian

Hasil yang diharapkan dari bantuan ini adalah Terjadi peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas  seluruh Indonesia.

by admin

__________________________________________________________________

Orang Tua Siwa Pindahan bantu 1 buah LCD Proyektor.

Tim mutasi siswa SMA Dwija praja Pekalongan yang dipimpin Wakasek kesiswaan melaporkan bahwa salah seorang siswa pindahan dari luar kota ke SMA Dwija Praja pekalongan memberikan bantuan sebuah LCD Proyektor.

Bantuan diberikan langsung oleh kedua orang tua siswa kepada ketua Tim Mutasi dan disaksikan oleh kepala sekolah di ruang kepala sekolah. Bantuan yang diberikan ini di luar SOP mutasi siswa yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Dengan adanya bantuan satu buah LCD ini, berarti sekolah telah memiliki 2 buah LCD. Menurut rencana LCD bantuan orang tua siswa ini akan digunakan untuk proses pembelajaran siswa secara dinamis. Artinya LCD tidak ditempatkan secara tetap di ruang kelas, melainkan bisa dipindah-pindah sesuai dengan kelas yang digunakan oleh Bapak/Ibu guru.

Seluruh keluarga besar SMA Dwija Praja Pekalongan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, semoga Allah SWT membalas Nya 10 kali lipat.

by.admin

__________________________________________________________________

Akbid Harapan Ibu Bantu Perbaikan Tempat Parkir Motor

Sejak awal berdirinya sampai saat ini, Akademi kebidanana harapan ibu masih menempati beberapa lokal SMA Dwija Praja Pekalongan. keberadaan Akademi kebidanan ibu tersebut tentu membawa dampak terhadap jumlah kendaran yang harus di parkir di lokasi SMA Dwija praja yang semula hanya diperuntukkan bagi siswa dan guru SMA Dwija praja pekalongan. Akibatnya beberapa ruas bangunan depan yang tidak tersedia lokasi parkir juga digunakan untuk parkir kendaraan mahasiswa maupun dosen, sehingga menyebabkan  beberapa kendaraan yang diparkir meninggalkan bekas Ban pada bagian dinding sekolah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Direktur Akademi Kebidanan harapan ibu, dr. Nurdiyah berinisiatif melakukan pembicaraan kepada pihak SMA Dwija Praja untuk memecahkan masalah tersebut. Hasil pembicaraan dengan kepala SMA Dwija Praja akhirnya disepakati untuk membuat tempat parkir yang berada di sepanjang teras depan, sekaligus mengganti papan yang sudah tidak layak untuk digunakan. Untuk pembiayaan pembuatan ini kemudian pihak Akademi kebidanan harpan ibu Pekalongan memberikan bantuan sebesar Rp 2.000.000 (dua juta rupiah). Akhirnya bagian teras depan sekolah dari ujung Utara hingga Selatan dibuat tempat parkir permanen dengan menggunakan besi.

by.admin

__________________________________________________________________

Peta Hijau Indonesia Bantu 40 Siswa kelas X melakukan Praktik Pemetaan

Dalam rangka implementasi hasil pembelajaran multimedia di kelas X, maka pada libur semester, sekolah memprogramkan adanya kegiatan praktik lapangan untuk siswa kelas X.

Praktik pengalaman yang pertama adalah Tugas Pembuatan Peta Batik yang lokasinya dipilih daerah kampung batik Kauman. Kegiatan praktikkum diawalil dengan pembelakan baik pembekalan multimedia maupun pembekalan wawancara.

Pembekalan teknik wawancara diisi langsung oleh bapak hendro (dari peta hijau indonesia) yang datang langsung dari jakarta selama dua hari. Sedangkan pembelakan multimedia diisi oleh Bapak Nuryanto, S.Pd. Pelaksanaan praktikum dimulai pagi jam 08.00 dan berakhir jam 13.00. langsung dilakukan evaluasi di Sekolah.

Kegiatan Praktikum ini bertujuan menguji sejauh mana siswa mampu berkomunikasi dengan msyarakat dan menerapkan hasil data mentah menjadi data digital yang kemudian dituangkan dalam bentuk program peta tiga dimensi. Dalam kegiatan Tersebut Peta hijau Indonesia Pekalongan, memberikan bantuan sebesar Rp 1.000.000 (satu juta) yang diserahkan lewat Bapak Wendi dan diterima oleh kepala SMA Dwija Praja Pekalongan. Bantuan tersebut kemudian digunakan untuk operasional kegiatan siswa, minuman, dan makan siang.

Segenap keluarga besar SMA Dwija Praja Pekalongan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan tersebut, semoga ini menjadi motivasi bagi siswa untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas praktikum.

by. admin

__________________________________________________________________

Warga Perumahan Podosugih bantu Eternet dan lampu mushola SMA Dwija Praja

Kegiatan taraweh selama bulan puasa di mushola SMA Dwija Praja seperti biasa dikunjungi sebagian besar oleh warga perumahan podosugih yang berlokasi tepat di depan sekolah.

Kegiatan taraweh dikoordinir oleh tiga orang guru dari SMA Dwija praja Pekalongan secara bergiliran yaitu Bapak Marjuki, S.Ag,. M.PdI, Bapak Subandi, dan Bapak Waryono yang secara bergantian menjadi Imam Mushola.

Kondisi jumlah siswa di SMA Dwija Praja yang semakin berkurang berdampak pada menurunnya beaya operasional sekolah, terlebih biaya perawatan gedung termasuk mushola. Perawatan yang dilakukan selama ini hanya terbatas pada kebersihan mushola, sementara untuk perawatan yang harus mengeluarkan beaya  untuk sementara tidak bisa teranggarkan.

Kondisi mushola yang belum memiliki eternet dan lampu penerangan yang seadanya, membuat beberapa warga masyarakat yang mengikuti shalat taraweh merasa iba karenanya. Beberapa kali proposal diajukan oleh sekolah juga tidak teralisasi. Akhirnya beberapa warga melakukan pembicaraan dengan Bapak Marjuki, S.Ag, M.PdI (Guru Agama) SMA Dwija Praja Pekalongan melakukan langkah-langkah apa yang perlu dilakukkan oleh masyarakat.

Setelah melakukan pembicaraan yang serius, dan melakukan konsultasi dengan kepala sekolah, akhirnya terwujudlan pengadaan dan pemasangan eternet, lampu dan kran untuk mushola yang semuanya bersumber dari warga perumahan podosugih.

Kepada yang terhormat Warga Perumahan Podosugih, semoga amal baik pada bulan puasa mendapat balasan yang lebih dari Allah s.w.t. dan Seluruh keluarga besar SMA Dwija Praja Pekalongan mengucapkan banyak terima kasih.

.

by. admin   downlaod

__________________________________________________________________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: