Petunjuk Teknis Penilaian Lima Kelompok Mata pelajaran di SMA

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 6 ayat 1 menyatakan bahwa kurikulum untuk SMA terdiri atas kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan, kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, kelompok mata pelajaran pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan, dan kelompok mata pelajaran estetika. Penilaian masing-masing kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan pedoman yang disusun oleh BSNP.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 64 ayat 5 menyatakan bahwa penilaian hasil belajar kelompok mata pelajaran estetika dilakukan melalui pengamatan terhadap perubahan perilaku dan sikap untuk menilai perkembangan afeksi dan ekspresi psikomotorik peserta didik. Pasal 64 ayat 6 menyatakan bahwa penilaian hasil belajar kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan dilakukan melalui pengamatan terhadap perubahan perilaku dan sikap untuk menilai perkembangan psikomotorik dan afeksi peserta didik. Ulangan dan atau penugasan untuk mengukur aspek kognitif peserta didik.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 65 ayat 2 menyatakan penilaian hasil belajar untuk semua mata pelajaran oleh satuan pendidikan pada kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan merupakan penilaian akhir untuk menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Pasal 65 ayat 3 menyatakan bahwa penilaian akhir mempertimbangkan hasil penilaian peserta didik oleh pendidik. Pasal 65 ayat 4 menyatakan penilaian hasil belajar untuk semua mata pelajaran pada kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi dilakukan melalui ujian sekolah/madrasah untuk menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Pasal 65 ayat 5 menyatakan untuk dapat mengikuti ujian sekolah/madrasah, peserta didik harus mendapatkan nilai yang sama atau lebih besar dari nilai batas ambang kompetensi yang dirumuskan oleh BSNP pada kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, serta kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan.
Hasil supervisi dan evaluasi implementasi keterlaksanaan KTSP Tahun 2009 menunjukkan bahwa masih banyak guru yang belum sepenuhnya memahami berbagai hal yang berkaitan dengan penilaian lima kelompok mata pelajaran seperti pengertian dan prinsip penilaian serta kaitannya dengan nilai mata pelajaran, mekanisme dan prosedur penilaian, penyiapan perangkat, serta implementasinya. Hal ini disebabkan oleh pemahaman yang belum cukup atas panduan yang diterbitkan oleh BSNP serta minimnya contoh-contoh yang diberikan dalam panduan tersebut.
Sebagai salah satu upaya untuk membantu guru dan satuan pendidikan dalam implementasi penilaian lima kelompok mata pelajaran, Direktorat Pembinaan SMA menyusun dan menerbitkan “Petunjuk Teknis Penilaian Lima kelompok Mata Pelajaran di SMA”.

Tujuan
Tujuan disusunnya petunjuk teknis ini, sebagai acuan bagi guru dan satuan pendidikan dalam menyusun penilaian lima kelompok mata pelajaran sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang telah ditetapkan agar hasilnya memenuhi kebutuhan sehingga dapat dilaksanakan dengan baik.

Untuk mengetahui selengkapnya, silakan Download

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: