Selamat Datang

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran menandai terjadinya perubahan paradigma dalam pembelajaran. Perubahan ini antara lain dapat dilihat dari peran guru, pemanfaatan sumber belajar dan persepsi tentang ruang kelas. Apabila pada masa masa lalu guru dianggap satu satunya sumber belajar sehingga seluruh aktivitas pembelajaran di sekolah terpusat pada guru, maka dengan adanya TIK, guru tidak lagi merupakan satu satunya sumber belajar. Banyak sumber belajar lain yang dapat diperoleh melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru, namun terdistribusi kepada setiap individu siswa. Dengan TIK setiap siswa dapat menyesuaikan kecepatan belajarnya sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam hal ini, peran utama guru adalah memberikan arahan atau guideline tentang kompetensi apa yang harus dikuasai oleh siswa, selanjutnya siswa dengan bimbingan guru dapat mencapai kompetensi tersebut sesuai kecepatan individu siswa masing-masing.

Apakah TIK akan menggantikan peran guru?

Peran guru, apapun alasannya tidak bisa tergantikan oleh kehadiran teknologi informasi dan komunikasi. TIK hanya membantu mempermudah dan meningkatkan kualitas proses belajar yang difasilitasi oleh guru.

Dengan TIK, ruang kelas tidak lagi menjadi pembatas aktivitas belajar siswa. Siswa bisa belajar dengan menembus batas batas ruang. Melalui internet siswa dapat mengambil bahan belajar dari mana saja dan berdiskusi dengan siapa saja di seluruh pelosok dunia. Pembelajaran pun tidak harus di ruang kelas yang dibatasi oleh empat dinding.

Blog smdppekalongan.wordpress.com merupakan blog yang ditujukan bagi para tenaga pendidik dan peserta didik sebagai sumber informasi, publikasi, serta media dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik pada umumnya dan siswa SMA Dwija Praja Pekalongan khususnya, Keberadaan blog ini perlu disikapi dengan pengembangan inovasi kreatif dalam pengembangan instruksional. Pola-pola pembelajaran konvensional perlu direview kembali. Dengan Teknologi informasi dan komunikasi pembelajaran dapat lebih kaya, lebih bervariasi, dan lebih memotivasi.

Melalui blog ini para siswa diharapkan dapat mengakses materi pembelajaran, mengetahui berita dan artikel di seputar dunia pendidikan, mengerjakan tugas dan bersama-sama mengaktualisasikan kompetensi yang dimiliki melalui karya-karyanya.

Isi Konten

Sejumlah konten yang disediakan oleh Blog smadppekalongan.wordprss.com Meliputi profil, kurikulum, program kerja, produk multimedia, kaleidoskop sekolah dan bahan ajar yang bisa diakses dan diunduh melalui blog masing-masing guru sesuai bidang ajar yang diampu, serta kegitan kesiswaan dan ekstrakurikuler. Melalui akses Blog ini, siswa juga dapat berkonsultasi langsung dengan guru mengenahi materi pembelajaran, melihat tutorial, berlatih soal melalui kuis uji kompetensi, serta melihat nilai hasil ulangan.

Dengan konten yang tersedia di atas diharapkan dapat membantu para guru dan siswa untuk memanfaatkan Blog smadppekalongan.com dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran. Lebih jauh, diharapkan pula para guru ataupun komunitas Blog dapat mengembangkan konten-konten lain sesuai kompetensi yang dimilikinya guna memperkaya sumber belajar.

Tukar  informasi dan telekolaborasi

Dengan memanfaatkan blog ini, para guru, juga siswa, dapat saling bertukar informasi, bertukar sumber daya, serta saling bekerjasama secara jarak jauh atau bertelekolaborasi. Telekolaborasi merupakan model kerjasama jarak jauh antar komunitas pendidikan dimana para guru dari berbagai satuan pendidikan yang berbeda dapat saling berkerjasama mengembangan suatu bahan belajar yang hasilnya dapat digunakan secara bersama-sama serta berdiskusi tentang topic-topik pembelajaran sesuai kompetensi yang dimiliki.

Di samping untuk keperluan lalu lintas data administrasi, kehadiran Blog smadpwpekalongan.wordpress.com ini juga ditujukan untuk menunjang peningkatan kualitas proses pembelajaran. Untuk itu, diperlukan kerja keras dari setiap guru pengampu mata pelajaran untuk secara rutin memperbaharui dan menambah  kontent yang ada sesuai bidangnya dalam rangka pemanfaatan Bolg ini.

Semoga kehadiran blog smadppekalongan ini bisa memacu satuan pendidikan yang lain untuk membangun blog sekolah sendiri sehingga bersama-sama bisa bertelekolaborasi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: